Bulutangkis For Life

Posted: Juni 15, 2010 in Pendidikan

Salah satu hal yang selalu saya syukuri menjadi bagian keluarga besar Blueline Internet Provider adalah fasilitas olahraga untuk staff.  Hari Sabtu adalah hari libur di mana setiap anggota keluarga Blueline boleh memilih untuk berolahraga Sepakbola, futsal atau bulutangkis. Saya memilih bulutangkis.

Suatu ketika saya diminta oleh Mas McDovir untuk menulis sebuah artikel mengenai Bulutangkis untuk diposting di website bulutangkis Blueline. Terus-terang, saya bukan jagoan bulutangkis, bukan pemain terbaik -apalagi pelatih :)  Namun yang saya tahu dan saya bangun adalah bagaimana membuat dan menjadikan bulutangkis berimplikasi positif bagi kehidupan; bulutangkis for life -aku suka menyebutnya begitu :)

Ada banyak cabang olahraga di luaran sana, mulai dari yang super GAHAR arrrgggg…. kayak ‘smack-down versi wwf’ sampai olahraga yang paling extreme bwerattnya.. kayak catur, dari jenis yang membutuhkan kecepatan baq harimau kumbang sampai yang butuh tenaga super keq kuda. Namun menurut saya bulutangkis adalah jenis olahraga yang super komplit. Di sana terjadi perpaduan yang sempurna beberapa unsur dalam dunia olahraga: stamina, kecepatan, ketepatan, kekuatan dan taktik tanpa mencederai atlitnya secara serius karena ia tergolong olahraga non-body-contact.

Saya sudah cukup membaca literatur bulutangkis, menonton pertandingan-pertandingannya dan bermain langsung di lapangan. Dari sanalah saya membuat kesimpulan bahwa badminton adalah olahraga yang super komplit. Kamu perlu stamina yang baik untuk bermain bulutangkis. pertandingan biasanya baru berakhir setelah bermain antara 40-70 menit, dan itu berjalan kontinyu hampir tanpa jeda yang lama. Kamu juga perlu speed, akurasi pukulan dan kekuatan. Dan yang nyaris terpenting adalah otak yang smart dalam bermain. Itulah yang dinamakan taktik, teknik atau strategi.  Saya kasih contoh apa hubungannya otak yang smart dengan skill bermain. Ketika kamu bermain bulutangkis kamu harus berpikir super cepat, lebih cepat dari lesatan suttlecock, dalam menentukan titik penempatan bola atau suttlecock tersebut di lapangan lawan. Kamu tidak bisa seenak dan sekadarnya saja mengembalikan bola, misalnya lurus ke arah lawan saja. Bila terjadi seperti itu maka yakinlah, lawan anda akan bermain dengan santainya sedangkan anda nyaris menjulurkan lidah kelelahan, meski misalnya anda mempunyai tenaga sekuat sapi madura atau pergerakan selincah kelinci hutan.

Lalu apa implikasinya buat hidup dan kehidupan? What is the maksud dari bulutangkis for life? Kamu tak perlu lagi bertanya apa manfaatnya olahraga buat hidup dan kehidupan. Kalau kamu bisa baca tulisan ini berarti kamu juga bisa tanya ke Mr. Google misalnya, apa manfaatnya buat kamu. Yakinlah dia akan menjawabmu lebih dari cukup. Ringkasnya olahraga itu dapat meningkatkan dan dapat pula menurunkan. Dapat menyediakan dan dapat menghilangkannya dari dirimu. Apa…? Meningkatkan konsentrasi unsur yang penting buat hidup kamu dan menurunkan tingkat konsentrasi unsur tak penting dari tubuh (dan mental/jiwa) kamu.

Olahraga membuat tubuh sehat. Olahraga meningkatkan energi, konsentrasi, fokus. Olahraga juga meningkatkan kepercayaan diri (self-confidence) dan penghargaan diri (self-esteem). Sebaliknya olahraga menurunkan resiko serangan kolesterol jahat, menurunkan resiko serangan jantung, osteoporosis dan depresi. Dan lain dan lain…

Olahraga. Tak perlu dibahas panjang lebar, just do it. Kamu tak akan sehat hanya dengan membaca artikel tentang olahraga, kamu harus olahraga. Bagi yang muda-muda ada manfaat lain dari olahraga yang belum kusebutkan: body-shape. Olahraga teratur sangat mungkin akan membentuk tubuhmu. Yang berbodi gentong atau karung goni olahragalah. Berbodi ikan tengiri atau ikan kucing, berolahragalah. Tubuh seksi dan montok menantimu :)

Bulutangkis for life? Tentu!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s