Definisi KESUKSESAN

Posted: Maret 1, 2010 in Pendidikan

Setiap orang mempunyai pandangan yang beragam mengenai arti kesuksesan. Seorang teman pernah menanyakan arti sukses bagiku. Inilah pandanganku.

Kebanyakan orang berpikir bahwa kesuksesan adalah tujuan. Aku tidak. Aku melihat kesuksesan sebagai suatu proses. Banyak yang mendifinisikan kesuksesan hanya dalam hal keuangan. Saya berpikir bahwa kesuksesan itu adalah kombinasi dari berbagai hal dalam hidup: keuangan, keluarga, pergaulan sosial, pengetahuan, kebijaksanaan, kesehatan, agama, pengaruh, tanggung-jawab, dan sebagainya.

Ini adalah bagaimana saya merasa sebagai kesuksesan- bila aku mampu membahagiakan keluargaku maka aku sukses. Bila aku mampu mengurangi kegetiran hidup seseorang maka aku sukses. Bila aku membantu sesama saudara yang menderita dan kekurangan maka aku sukses. Bila aku menyebarkan cinta kasih dan persaudaraan, mempropagandakan perdamaian, berbagi pengetahuan, memotivasi orang, dll, maka aku sukses.

Kebanyakan orang berpikir bahw kita harus bekerja keras untuk sukses. Saya berpikir yang sebaliknyalah yang benar. Saya percaya bahwa kita harus belajar bagaimana untuk menghindari pekerjaan keras dengan mencari rahasia untuk mencapainya dengan cara yang lebih mudah untuk berhasil. Saya mendefinisikan bekerja dengan cara ini- jika pada saat melakukannya, hati dan minat Anda malah lebih suka melakukan sesuatu yang lain, maka Anda bekerja.

Saya menghindari bekerja dengan mencintai apa yang saya lakukan. Mencintai apa yang saya lakukan adalah jauh lebih kuat dalam pencapaian kesuksesan daripada semua kerja keras di muka bumi ini. Jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan, alam akan menunjukkan rahasia-nya. Ketika alam mengungkapkan rahasia-rahasianya kepada Anda, Anda memiliki kunci emas untuk menjadi sukses. Mereka adalah formula rahasia untuk bekerja lebih sedikit tapi mencapai lebih banyak. Sebagai contoh, Anda dapat mengencangkan seluruh otot Anda, bekerja keras untuk memindahkan sebuah batu besar atau Anda dapat menggunakan salah satu rahasia alam dan menggunakan tuas. Bila Anda menggunakan tuas, Anda bekerja lebih sedikit tapi Anda mencapai jauh lebih banyak.

Orang-orang yang mengatakan bahwa mereka kekerja keras namun tidak cukup berhasil benar-benar mau mengatakan bahwa mereka tidak cukup pintar untuk kreatif, atau cukup beruntung telah menemukan cara yang lebih mudah, lebih efektif untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Kerja keras bukanlah jawabannya. Mencari yang lebih mudah, lebih efektif dan solusi adalah jawabannya. Untuk menemukan solusi yang lebih mudah, Anda harus waspada untuk menemukan cara yang lebih ‘malas’. Orang-orang yang bekerja keras tidak memiliki waktu atau energi atau kecenderungan untuk menemukan cara yang lebih mudah.

Bagiku kesuksesan adalah sari termurni dari isi batin, pilihan terbaik dari pikiran dan aplikasi terbaik dari perbuatan yang kita persembahkan untuk hidup, bukan sebagai tujuan akhir melainkan sebagai proses terus-menerus sampai batas akhir kehidupan.

Salam sukses selalu, Greencommet.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s