Mengenal Lebih Jauh Fasilitas ‘Delicious’

Posted: Mei 6, 2010 in Pendidikan

‘Delicious’, yang dulu dikenal dengan nama: del.icio.us adalah sebuah fasilitas social bookmarking dimana kita dapat menyimpan (bookmark) alamat-alamat web yang kita sukai secara online.

Berbeda dengan fitur bookmark biasa di komputer, delicious adalah fasilitas online dimana kita dapat menyimpan, mengakses dan berbagi situs favorit dimana saja dan kapan saja, sepanjang kita memiliki account situs ini.

Del.icio.us didirikan pada 2003 oleh Joshua Schachter dan tim kecilnya, dan pada tahun 2005 situs del.icio.us  ini dibeli oleh yahoo dan namanya dirubah menjadi delicious seperti sekarang ini.

Bookmarking maksudnya adalah menyimpan alamat sebuah situs yang kita sukai ketika kita browsing di internet. Kita simpan alamatnya dan kita tandai sehingga kita bisa dengan mudah mengunjunginya lagi. Alat penyimpanan link yang kita bookmark ini bisa di browser atau situs. Kebanyakan browser-browser sepert mozilla firefox, opera, google chrome juga mempunyai alat penyimpanan bookmarking. Nah, yang berbeda dari del.icio.us ini adalah penyimpanan bookmark yang berada dalam situs. Inilah perbedaan antara bookmark di browser dengan bookmark di situs. Kalau bookmark di situs lebih variatif dan mempunyai nilai lebih dari bookmark di browser dan mempunyai kemampuan untuk bersocial networking. Oleh karena itu, bookmark disitus bisa memiliki komunitas yang kuat yang membentuk sebuah komunitas bookmarkers.

Ada beberapa kelemahan dan kelebihan bookmarking disitus ini. Untuk situs del.icio.us kelemahan dan kelebihannya bisa dijelaskan sebagai berikut:

Kelebihan del.icio.us :

a. Bookmarking dengan satu kali klik.

b. Mudah digunakan.

c. Komunitas yang kuat (lebih dari 5 juta user del.icio.us dan 150 juta URL di bookmark disini)

d. Bisa mencari situs yang paling populer di bookmark oleh komunitas del.ici.ous.

e. Bisa menambah teman dan melihat-lihat situs yang teman kita bookmark.

Kelemahan del.icio.us :

a. Berbasis web sehingga untuk membookmark selalu harus login ke del.icio.us

b. Tampilan situs bookmarking yang kurang menarik.

Del.iciou.us ini memang secara tampilan sangat sederhana sekali tapi mudah digunakan. Namun, situs del.icio.us ini mempunyai komunitas yang besar dan kuat. Del.icio.us juga merupakan salah satu website yang paling banyak membookmark situs-situs yang populer. Selain itu, ada juga add-on untuk mozilla firefox berupa tombol yang bisa membookmark situs tersebut dengan sekali pencet di link ini http://delicio.com/help/firefox/extension new dan untuk add-on di internet explorer dilink ini. http://delicio.com/help/ie/extension .

Cara bergabungnya adalah seperti situs pada umumnya yaitu buka http://del.icious.com kemudian registrasi. Setelah itu buka email kita untuk mengklik account verifikasi ke delicious.com, lalu klik. Setelah itu kita bisa tinggal login ke situs ini.

Bagaimana cara membookmark dengan situs delicious.com ini ?

Caranya sangat mudah tinggal klik saja link di sebuah situs yang ada tulisannya save to delicious setelah akan muncul windows add bookmark seperti dibawah. Isi kolom-kolom yang kosong termasuk juga tag, setelah terisi semua tinggal klik save. Situs sudah selesai dibookmark.

Bookmarking bisa juga dibuat dari mozilla atau internet explorer melalui tombol add-on bookmarking del.icio.us.

Untuk mencari situs-situs yang populer dibookmark di del.icio.us dapat melihat di link http://del.icious.com/popular/. Seperti postingan saya sebelumnya biasanya situs-situs yang popular di bookmark di del.icio.us adalah situs-situs yang biasanya masuk ke front page di situs digg. Postingan-postingan yang masuk ke situs yang terpopuler dibookmark di del.icio.us ini biasanya tulisannya menarik dan bagus-bagus. Bagus juga untuk pengetahuan dan sumber tulisan.

Untuk saat ini situs del.icio.us ini sudah diredirect ke alamat baru http://delicious.com. Sama saja kalau kita memanggil http://delicious.com dan http://delicious.com akan keluar situs yang sama. Untuk panduan ebooks dapat didownload pada link ini delicious book.

Ok, sekian dulu postingan kali ini. Jariku sudah sekriting rambutku🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s