Filosofi Sebuah Pesta Besar di Benua Hitam

Posted: Juni 18, 2010 in Pendidikan

Logo resmi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan digambarkan secara umum sebagai sebuah pesta besar yang digelar di alam bebas dan enerjik di dalam rasa.

Figur grafis yang ada di dalam logo adalah sebuah gambar manusia yang banyak ditemui pada lukisan batu karang yang juga merupakan salah satu warisan budaya Afrika Selatan yang ternama.

Figur tersebut digambarkan sedang melakukan sebuah tendangan sepeda (bicycle kick), salah satu gaya bermain sepakbola yang menangkap bakat sepakbola Afrika.

Figur tersebut digambarkan dengan jelas, enerjik dan secara tidak langsung mengandung makna keinginan yang kuat untuk memainkan sepakbola indah. Dan gerakan menendang bola ke atas merupakan sebuah ajakan dari Afrika kepada semua bangsa di dunia untuk bermain bersama mereka.

Bola yang akan ditendang di dalam logo adalah perwujudan dari bola sepak moderen yang memiliki arti sepakbola dunia berada dalam FIFA. Untuk pertama kalinya Piala Dunia datang ke tanah Afrika. Sedangkan bola resmi yang digunakan di Piala Dunia 2010 diberi nama Jabulani.

Di dalam logo resmi juga terdapat background warna-warni yang menunjukkan warna bendera nasional Afrika Selatan. Coretan melengkung dari bawah ke atas memiliki arti dari selatan ke utara dan menjangkau seluruh dunia.

Latar ini mewujudkan energi, keragaman dan semangat yang menyala dari Afrika Selatan, itu juga melambangkan kebangkitan dari negara yang sering disebut bangsa pelangi itu.

Angka 2010 adalah angka yang unik, penuh semangat dan dinamis. Secara grafis mencakup seluruh benua Afrika yang inspiratif dan kaya serta penuh warna-warni akan warisan nenek moyang.

Sementara tipe huruf yang ditampilkan merupakan kreasi asli. Huruf tersebut mencerminkan kepribadian dan keteguhan ide yang selalu dilakukan Afrika Selatan secara unik.

Huruf juga melambangkan kegemaran bangsa Afrika Selatan akan permainan, kenaifan dan jiwa yang bebas. Sedangkan cetak tebal pada huruf menyimbolkan keberanian, penyambutan dan keramahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s