10 Pertanyaan Pembangkit Energi Positif

Posted: September 30, 2010 in Pendidikan

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan Jeniffer Jones di http://goodnessgraciouness.blogspot.com

Ia memaparkan fakta cara kerja otak, yang dengan memahaminya kita jadi tahu bagaimana mengarahkan diri menjadi pribadi yang positif, produktif dan berguna.

Pernahkan kamu bertanya kepada diri sendiri, “Apa yang salah dengan diriku ini?” atau “kenapa hidupku seperti ini?” atau “kok orang itu beruntung sekali… tidak seperti diriku yang malang ini?” atau “kenapa orang tuaku melahirkan dengan keadaan seperti ini? dan bla…bla…bla…

Saya pikir setiap kita pernahlah berpikir buruk atau berprasangka negatif kepada orang lain🙂 atau bahkan kepada diri sendiri, setidaknya sekali dalam suatu waktu. Jika pernah maka tentulah akan tersedia jawaban untuk setiap pertanyaan itu.

Masalahnya adalah bahwa jawaban-jawaban tersebut tidak selalu benar. Kenyataannya mungkin malah begitu jauh dari kebenaran.
Tambahannya jawaban-jawaban tersebut malah membimbing kita untuk berpikir dan merasa secara negatif kepada diri sendiri, situasimu dan kehidupanmu.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan negatif di atas, kamu meng-ia-kan dan menegaskan di pikiran dan jiwa kamu bahwa ada sesuatu yang salah dengan dirimu, bahwa hidupmu berjalan dalam situasi yang salah dan bahwa ada seseorang yang harus dipersalahkan dan mempertanggungjawabkan kehidupanmu yang buruk.

Lihatlah hasil penelitian sebuah lembaga riset di bawah ini:

Otak manusia mengembangkan dalam dirinya sebuah kemampuan yang disebut ‘ingrained prospensity’, yaitu semacam kemampuan menjawab setiap pertanyaan yang kita ajukan untuk diri sendiri dengan tujuan memuaskan otak itu sendiri.

Nah, di sinilah masalahnya. Benar atau salah kita menjawab pertanyaan, tampaknya tidak penting. Otak tampaknya tidak begitu tertarik pada jawaban yang benar, hanya bahwa tersedia jawaban yang relevan dengan konteks pertanyaan yang diajukan. Bila konteks pertanyaan kita bercorak negatif, otak akan mencari dan menyediakan jawaban bercorak demikian.

Jadi apa? Bila engkau menanyakan kepada dirimu sendiri apa yang salah dengan dirimu, maka engkau akan menemukan jawabannya. Bila engkau bertanya kenapa dirimu selalu dibanjiri masalah, otakmu akan menyediakan jawaban seperti ini: “Karena aku ini manusia malang, karena dia membenciku, karena aku bodoh, jelek, teledor, bla..bla..bla… Bila engkau bertanya siapa yang harus dipersalahkan dalam hal ini maka sesegera mungkin otak akan menyodorkan daftar orang untuk dipersalahkan. Mencengangkan!

Di sisi lain, bila engkau mengajukan pertanyaan-pertanyaan positif, hasilnya…. menakjubkan! Kenapa diriku begitu beruntung dan terberkati? Otakpun akan menyediakan jawaban-jawaban yang ruarrr biasa! Bila engkau bertanya kenapa saya begitu pandai dan berbakat, engkau akan menemukan daftar nama orang yang kepada mereka engkau merasa berhutang budi dan berhutang terima kasih.

Dengan mengetahui tata kerja otak dan konsep ini, menjadi esensial untuk bergaya hidup sehat dengan selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan positif kepada diri sendiri.

Di bawah ini saya sarikan 10 pertanyaan untuk diajukan kepada diri sendiri, 10 pertanyaan yang akan membuatmu positif, produktif dan berguna:

1. Dalam hidup ini ada begitu banyak karunia dan berkat yang saya terima. Apa-apa sajakah itu yang membuatku selayaknya selalu bersyukur dan berterima kasih?


2. Bakat dan talenta apakah yang aku punya untuk dibagikan?


3. Sehingga saya sebaik dan seberuntung keadaan sekarang pasti ada kisah perjuangan dan lika-liku kehidupan yang membawaku ke saat yang baik ini. Apakah itu?


4. Pikiran dan perbuatan apakah yang baik dan pantas buatku sebagai pribadi yang berguna?


5. Bagaimanakah saya dapat membagikan keberuntungan dan berkat-berkat yang saya miliki?

6. Apa yang harus saya tambahkan atau atau gantikan dalam diri saya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi?

7. Apa yang harus saya lakukan untuk menghasilkan perubahan positif dalam hidup ini?

8. Siapakah yang berperan dan mempengaruhi hidupku menjadi baik?

9. Bagaimana saya memandang visi puncak masa depan hidup saya?

10. Siapakah yang membutuhkan cinta kasih dan perhatian saya?
Sekarang dengarkan saja dirimu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Jika kita sadar akan pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan untuk diri sendiri dan secara sadar memperbaiki corak pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jenis dan motif yang lebih baik lagi yang membawa kita kepada sikap dan rasa yang positif dan menyembuhkan dan membangun, kita telah bergerak menuju arah baru hidup kita, hidup yang lebih baik.

Semoga kesehatan, kebaikan dan damai sejahtera besertamu. Salam dahsyat dari Greencommet 🙂

Tinggalkan Balasan

