20 Cara Efektif Mengusir Ketakutan

Posted: April 23, 2012 in Mengatasi Ketakutan
Tag:

Tak diragukan, alasan banyak kegagalan dalam hidup ini adalah ketakutan. Ketakutan adalah faktor penting tak tercapainya banyak impian dan cita-cita.

Mungkin kita enggan menyebut dan mengakuinya secara langsung bahwa kita takut, tapi itulah dia, ketakutan. Kita sering terlalu merisaukan hasil buruk bila kita mencoba sesuatu yang baru yang ingin kita lakukan.

Ironinya adalah banyak dari ketakutan itu hanyalah perasaan, biasanya tanpa alasan mendasar dalam kenyataannya. Kebanyakan dari ketakutan adalah seperti itu, yaitu perasaan yang tak dapat kita taklukkan malah menaklukkan kita, perasaan tanpa substansi kenyataan.

Dan inilah hal lain yang menarik tentang ketakutan kita. Apa yang kita takuti tidak biasanya hal yang kita pikir kita takut. Ini adalah perasaan yang kita miliki yang berkaitan dengan hal yang kita takuti.

Berikut ini adalah contoh dari apa yang saya maksud. . .

Seperti banyak orang, aku takut berbicara di depan umum. Mengapa saya takut? Karena gugup saya mungkin akan tampil buruk, saya mungkin tidak menarik, orang mungkin menilai saya atau berbicara di belakang punggung saya hehe..

Tetapi sebenarnya, hal-hal ini jarang terjadi. Ketika saya sudah bicara di depan umum, dan bahkan ketika ada yang melakukan apa yang saya cemaskan, mereka tidak menyebabkan kecemasan sebanyak persepsi dan perasaan saya tentang situasi itu..

PertanyaanBagaimana Jika” Yang Harus Kita Hindari..

Apa yang paling kita takut adalah perasaan yang datang dengan pertanyaan “bagaimana” dalam kehidupan:

Bagaimana jika saya gagal?

Bagaimana jika saya terlihat bodoh?

Bagaimana jika saya kehilangan pekerjaan saya?

Bagaimana jika tidak ada yang mencintai saya?

Jika kita melihat salah satu hal yang paling ditakuti dan berpikir tentang hal ini selama satu menit, Anda akan mulai mengalami perasaan ketakutan ini menguasai kita, bahkan jika kita tidak berada di bawah ancaman langsung.

Anda bahkan mungkin merasa beberapa kegelisahan, sesak napas, detak jantung cepat, tekanan batin, berkeringat, dan agitasi. Dan ini bukan perasaan yang baik. Kita harus melakukan apa saja untuk menghindari perasaan ini..

Jika kita bisa menaklukkan ketakutan, menendang kuat-kuat perasaan itu di pantatnya, saya pikir kita bisa mencapai lebih banyak dalam menikmati hidup ini dengan lebih maksimal. Bukankah itu menakjubkan?

Bagi siapa saja yang menderita akibat rasa takut dan kecemasan dan mulai lelah olehnya, saya tahu ini terlihat gampang diucapkan daripada dilakukan. Saran saya, belajarlah terus untuk menendang kuat-kuta perasaan itu.. tepat di pantatnya…!

Berikut adalah beberapa tindakan praktis untuk melonggarkan cengkeraman rasa takut terhadap hidup Anda:

1. Kesadaran. Hanya mengetahui bahwa sebagian besar dari ketakutan Anda tidak berdasar dapat memberdayakan Anda. Lihatlah ketakutan Anda sudah di masa lalu. Apakah situasi Anda takut terjadi atau benar-benar lemah Anda? Sebagian besar waktu jawabannya adalah “tidak.”

2. Membunuh akar. Menggali lebih dalam untuk akar penyebab ketakutan Anda. Setelah Anda mengisolasinya, bersinar terang penyelidikan di atasnya. Apakah ini benar? Sebagian besar peristiwa atau situasi yang pertama menyebabkan ketakutan kita sudah lama berlalu atau tidak lagi relevan.

3. Temukan fakta-fakta. Kadang-kadang meneliti fakta-fakta tentang sesuatu yang Anda khawatir akan membuat ketakutan lebih mudah dikelola. Saya kehilangan seorang teman untuk kanker ovarium dan mulai takut bahwa saya akan mendapatkannya juga. Kemudian saya meneliti statistik pada mendapatkan itu dan melihat peluang saya sangat kecil. Aku terus statistik tersebut berguna ketika ketakutan merayap kembali masuk

4. Bersiaplah. Jika Anda takut sesuatu seperti berbicara di depan umum atau melakukan presentasi, apapun yang memerlukan persiapan, kemudian melakukan persiapan. Jadilah lebih siap. Praktek. Tidak ada obat takut seperti menjadi siap.

5. Reframe dan berlatih kembali. Ketika Anda menemukan diri Anda dalam siklus negatif, berpikir takut, patahkan siklus. Kenakan karet gelang di pergelangan tangan Anda dan dengan lembut pop itu untuk mengingatkan diri Anda untuk menghentikan pikiran. Kemudian membingkai ulang pemikiran Anda dengan menggantikan baru, pikiran positif untuk mengisi kekosongan. Praktek ini sering hingga terasa alami. Anda akan rewire otak Anda untuk berpikir secara berbeda, yang akan mengubah perasaan Anda.

6. Bernapas. Ketika Anda merasa gejala-gejala ketakutan (jantung balap, gelisah, dll), membutuhkan 5 menit untuk melakukan pernapasan lambat dari diafragma Anda. Ini akan membantu menenangkan tubuh dan pikiran.

7. Buat visi. Menuliskan visi Anda untuk apa yang Anda inginkan dalam hidup membuatnya lebih konkret. Melihatnya di atas kertas menghilangkan pikiran berputar-putar dari otak Anda dan menangkap mereka. Sekarang Anda dapat melihat dengan jelas untuk menentukan tindakan yang perlu Anda ambil. Mereka tampaknya tidak begitu menakutkan.

8. Berolahraga. Ini membuat Anda merasa lebih kuat, lebih jelas, lebih kuat, dan sehat. Ketika Anda merasa baik secara fisik, Anda akan merasa baik secara mental.

9. Fokus pada tugas di tangan. Menempati pikiran Anda dengan sesuatu yang Anda suka lakukan. Dapatkan “dalam aliran” kreativitas dan tindakan terfokus. Ini meninggalkan sedikit ruang untuk rasa takut menyelinap masuk

10. Buat rencana. Jika Anda memiliki visi, menuliskan setiap langkah tindakan yang diperlukan untuk membuat visi menjadi kenyataan. Memecahnya menjadi tindakan terkecil yang mungkin. Tindakan kecil tidak mengancam. Anda dapat melakukannya dengan mudah.

11. Buat kalender. Masukan tindakan kecil Anda pada kalender sehingga mereka memiliki batas waktu yang pasti. Mengambil tindakan dan melihat bahwa Anda bisa mencapai sesuatu ketakutan menghanguskan.

12. Melepaskan dr engsel dari persetujuan. Butuh waktu lama untuk menyadari bahwa saya tidak bisa menjaga semua orang senang atau mendapatkan persetujuan mereka. Ketika saya mencoba, saya dikompromikan diriku sendiri. Sekarang saya khawatir jauh lebih sedikit tentang apa yang dipikirkan orang lain, dan sangat membebaskan! Anda tidak akan pernah memenangkan persetujuan. Jadilah diri sendiri, dan mereka yang mencintai Anda sebagai Anda akan menjadi orang yang Anda inginkan di sekitar Anda.

13. Melepaskan dr engsel dari perfeksionisme. Lain realisasi besar. Perfeksionisme membosankan, tidak mungkin, dan pengeringan. Rangkullah kelemahan Anda dan menertawakan mereka. Mereka menghubungkan Anda ke seluruh orang-orang cacat di dunia!

14. Tertawa dan bersenang-senang. Jika Anda dapat mengambil sendiri dan dunia kurang serius, Anda akan dapat menikmati hidup sepenuhnya. Kami memiliki kehidupan seseorang, jadi mengapa menghabiskan itu khawatir dan resah?

15. Hubungkan ke sesuatu yang lebih besar. Ini mungkin kehidupan rohani Anda, sebab, atau tujuan. Temukan cara untuk menghubungkan tindakan Anda untuk sesuatu yang berarti bagi Anda. Takut tidak menapak di tempat-tempat.

16. Prioritaskan dan menyederhanakan. Kami tidak punya waktu dalam hidup untuk melakukan semuanya. Sering takut dan khawatir masuk ketika kita memiliki terlalu banyak yang harus dilakukan dan hidup kita terlalu rumit. Fokus pada 5 hal utama yang paling penting dalam hidup Anda, dan memberikan diri Anda waktu untuk mengalami secara penuh.

17. Tunggu sebelum bereaksi. Seringkali rasa takut membuat kita mengambil reaksi lutut jerk. Kita mungkin mengatakan sesuatu yang tidak kita maksud. Kami mungkin membuat keputusan yang buruk. Ketika Anda menghadapi ketakutan, memaksa diri untuk menunggu sehari sebelum bertindak. Biarkan mereda perasaan. Kemudian Anda akan melihat bahwa sebagian besar rasa takut Anda hanya perasaan, bukan substansi.

18. Dapatkan terinspirasi. Jauhkan buku inspiratif dan memotivasi dan bahan lainnya di tangan untuk membantu Anda membingkai ulang pemikiran Anda dan mengangkat Anda ke atas. Baca tentang orang yang telah mengatasi ketakutan mereka dan mencapai hal-hal besar.

19. Dapatkan dukungan. Membangun sistem dukungan dan akuntabilitas dengan seorang konselor atau pelatih yang dapat membantu Anda menyembuhkan dan bergerak melewati ketakutan Anda. Mengambil langkah ini adalah salah satu hal yang paling proaktif dapat Anda lakukan untuk menendang takut di pantat.

20. Hitung hari-hari Anda. Sadari sudah berapa hari Anda tinggal di planet ini. Ini adalah suatu kesadaran yang membuka mata.  Dengan asumsi Anda hidup sampai usia 90, hitunglah berapa hari yang tersisa. Apakah Anda benar-benar ingin menghabiskan mereka dalam ketakutan?

Takut tidak harus menghambat Anda. Anda memiliki kehidupan yang luar biasa hanya di luar selubung ketakutan. Dan jilbab yang tipis dan tdk jelas itu harus disingkirkan tanpa tawar-menawar. Lakukan segala daya Anda untuk menendang takut, kuat sekuat-kuatnya, tepat di pantatnya. Jangan biarkan itu menghalangi Anda dan segala yang dimaksudkan untuk dicapai dan dinikmati dalam hidup ini. Masukan strategi ini dalam praktek setiap hari, dan Anda akan melihat ketakutan menguap di depan mata Anda!

Komentar
  1. Izzy Renjana mengatakan:

    Wah, terima kasih infonya, tapi itu hasil translate ya, bahasanya agak kurang baku, tapi tak apa karena sangat membantu sekali. Terima kasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s