5 Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri

Posted: April 25, 2012 in IQ & EQ, Kebebasan, Kepercayaan, Mengatasi Ketakutan, Percaya Diri, Pikiran
Tag:, , ,

Punyakah Anda rasa percaya diri? Jika tidak maka raihlah, jika kurang tambahkan! Tanpa kepercayaan diri Anda akan mengalami kendala-kendala yang berarti untuk perkembangan jiwa dan mental Anda dan menghalangimu dari banyak pencapaian yang lebih besar yang seharusnya Anda miliki. Juga, bila Anda tidak memancarkan rasa percaya diri, bagaimana orang lain dapat memiliki keyakinan kepada Anda?

Di bawah ini saya sarikan 5 tips istimewa yang bisa Anda terapkan untuk membangun kepercayaan diri. Ya, istimewa, bukan untuk sekedar dibaca dan dipikirkan, tapi untuk diterapkan dan lihatlah bagaimana mereka bekerja untuk Anda!

1. Mulailah Harimu dengan Senyuman 🙂

Terdengar remeh, tapi jangan abaikan senyum di pagi hari karena dengannya Anda telah memulai harimu dengan perasaan yang jauh lebih baik tentang diri dan kehidupan Anda. Senyuman bukan sekedar gerak pantomim bibir dan wajah melainkan karuniah natural untuk merepresentasikan rasa positif, kebahagiaan dan kepuasan.

Berilah senyummu dengan makna baru yang istimewa.  Hari baru berarti kesempatan baru dan dengan semangat baru yang positif akan menghantar diri Anda menjadi lebih bahagia dan lebih dekat dengan tujuan akhir Anda. Jadi besok pagi, saat bangun, pikirkan semua yang ada dalam hidup dan senyumlah dengan hangat. Mulailah hari dengan catatan positif akan mengatur nada bagi Anda untuk melakukan hal yang besar sepanjang hari sampai matahari menutup lembar harimu.

2. Tuangkan Semua Keraguan Anda Pada Sehelai Kertas…

Siapa yang tidak mempunyai keraguan atau kekhawatiran? Oh.. semua kita mempunyainya! Cuma beberapa dari kita cenderung terlalu mengolah dan mematangkannya dalam otak dan jiwa mereka dan lalu menjadi masalah. Bebaskan diri Anda, jangan biarkan Anda digerogoti sepanjang hari. Ambil sehelai kertas dan tuangkan perasaanmu di sana. Tulis semua daftar keraguan dan kekhawatiranmu.. semuanya.. Duduk sebentar lalu baca ulang dan tinjau, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar dari daftar perasaan itu terlihat konyol. Kenapa harus mempertahankan dan hidup bersamanya? Ketahuilah bahwa banyak dari keraguan itu adalah bawaan bawah sadar kita yang pada banyak kasus rasa itu berada di susunan lebih atas dari perasaan optimis dalam hierarki-perasaan di otak kita. Anda harus membalikkan struktur hierarki tersebut dimana optimisme berada jauh di atas rasa takut,  sehingga Anda dapat terbebas. Praktekkan sesering mungkin untuk menulis, misalnya.. “Saya punya keraguan tentang diriku sendiri. Mereka adalah … ” dan terus menulis sampai Anda selesai. Setelah Anda membuang keraguan Anda dari otak Anda, Anda akan mengetahui apa yang sebenarnya Anda sukai tentang diri Anda, dan dunia terlihat lebih berbinar.

3. Lakukan Yang Paling Anda Sukai

Bukan rahasia bahwa kita cenderung untuk melakukan yang terbaik pada hal-hal yang kita sukai. Ini karena kita benar-benar dapat menempatkan hati dan jiwa kita ke dalamnya. Luangkan waktu hari ini dan melakukan sesuatu yang benar-benar Anda cintai untuk dilakukan. Benamkan diri Anda dalam saat tersebut dan lepaskan semua keraguanmu. Bersenang-senang dan bersantailah. Apa yang terjadi ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda benar-benar suka adalah kamu tidak perlu khawatir bila tidak melakukannya dengan baik. Anda hanya fokus pada bersenang-senang.

Setelah Anda melakukan ini, ambil dan terapkan perasaan ini ke area lain kehidupanmu. Hidup ini bukan tentang menjadi sempurna, melainkan tentang memberi sebagian diri Anda untuk setiap saat. Ingat perasaan yang baik dan biarkan mereka mengalir sepanjang hari Anda.

4. Bikinlah List Bakatmu

Kamu pasti hebat pada suatu bidang tertentu. Semua orang begitu. Ini karena kita masing-masing dikaruniai suatu bakat khusus yang berlainan antara seorang dengan orang lainnya. Kita unik. Hanya karena kamu tidak dapat berlari marathon 10km, atau memecahkan rumus fisika kuantum.. itu tidak berarti tidak berbakat. Mungkin Anda adalah seorang pelukis yang handal, atau seorang penulis yang mumpuni. Kemampuanmu tidak dapat dilakukan oleh seorang juara Marathon atau ahli fisika kuantum.

Kita masing-masing dipercayakan suatu misi dan tugas khusus oleh Pencipta kita yang tidak dipercayakan kepada orang lain, hanya kepada dirimu seorang!
Jadi, buatlah daftar besar semua yang anda kuasai. Tidak peduli seberapa kecil bakat atau keterampilanmu tersebut, tuliskanlah. Anda mungkin akan mengejutkan diri sendiri oleh begitu banyak bakat yang Anda tawarkan kepada dunia.😉

5. Maju dan tantanglah Salah satu Ketakutan Terbesar Anda

Kadang kita gugup. Gugup terjadi karena kita tunduk dan mengiyakan ketakutan menguasai kita. Satu-satunya cara terefektif menghancurkan ketakutan adalah menghadapinya, jangan pernah menghindarinya. Bila Anda menghindar maka ketakutan diberi ruang dan akan berkembang. Anda keok. Sebaliknya bila Anda menghadapinya, perlahan namun pasti ketakukan akan menguap seperti genangan air di aspal panas. Maju dan tantanglah ketakutan terbesarmu dan jadilah pemenang.

Apa yang Anda rasakan bila Anda mampu menaklukkan ketakutan? Anda akan tumbuh dalam atmosfer baru mentalitas Anda dan mendapatkan kemampuan baru untuk melakukan hal-hal yang lebih besar. Rasa percaya diri akan bertumbuh dan interaksi sosial yang lebih luas adalah hal yang mengasyikkan bagi Anda.

Cobalah terus dan tetap konsisten. Itulah kunci bagi Anda untuk keluar dari zona ketakutan Anda. Awalnya tidak mudah, namun percobaan yang terus-menerus akan membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih bijaksana dan lebih bahagia menjalani kehidupan ini.

Komentar
  1. pirimiri mengatakan:

    mantap infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s