Singkirkan Parasit Perkawinanmu

Posted: Mei 3, 2012 in Kebebasan, Keluarga, Perkawinan, Pikiran
Tag:, , , , ,

Ini khusus buat yang sudah menikah, tapi bagi yang belum, anggap ini persiapan  sebelum mematangkan niat naik ke pelaminan haha..

Menikah adalah keputusan besar dalam hidup. Memasuki jenjang perkawinan perlu sebuah persiapan dan menjalaninya perlu kematangan personalitas, karena banyak presisi kehidupan bergantung dan ditentukan oleh kehandalan menahkodai bahtera perkawinan.

Hidup perkawinan yang baik mungkin adalah bentuk kehidupan yang bukan hanya sekedar bisa melewatkan kehidupan secara bersama-sama. Lebih dari itu adalah bagaimana kehidupan berdua tersebut bahagian. Untuk bahagian kedua pasangan harus memiliki seni menjalani kehidupan bersama. Bahasa Jawa Kunonya: the art of intimacy.

Seni menjalani kehidupan perkawinan adalah termasuk keindahan satu pasangan menyingkirkan parasit-parasit perkawinan. Parasit?

Suatu pagi saya punya waktu luang yang saya pergunakan untuk mengurus tanaman bunga di halaman rumah kami yang tidak luas. Saya sedikit tercengang menemukan bahwa begitu gampangnya parasit dan jamur-jamur kecil dapat menghancurkan tanaman anggrek kesayangan kami, padahal baru beberapa hari lalu saya menyaksikan indahnya bunga anggrek dilambai-lambai angin sepoi.

Parasit dan jamur cuma makhluk mikroskopik kecil namun jangan pernah diremehkan. Dalam jangka waktu yang lebih cepat dari yang kita sangka dia dapat mengambil alih tanamanmu dan menghancurkannya! Hmm..bagaiman ini bisa terjadi?

Bila Anda punya teman gardener, tanya padanya. Dia akan menjelaskan bahwa cara terbaik menghindari tanamanmu dari parasit adalah dengan tetap menjaga tanamanmu sehat dan fit. Semakin kuat dan sehat tanamanmu maka semakin jauh ancaman parasit dan jamur-jamur kecil, dan bilapun ada, itu tak membahayakan karena tanamanmu mampu mengatasinya sendiri.

Agar tanamanmu tetap fit dan sehat maka perlu sentuhan perawatan yang teratur dan memadai baginya. Air yang cukup, sinar matahari yang memadai dan nutrisi. Bila ada tanda-tanda parasit yang merusak maka Anda perlu membersihkannya sehingga tanamanmu aman dan dapat bertumbuh dan berbunga.

Saya bukan gardener dan saya tidak bermaksud berada di sini sebagai konsultan taman Anda..haha
Saya cuma pikir bahwa perihal parasit dan tanaman kesayangan Anda ini bisa diambil sebagai analogi yang bagus untuk sebuah kehidupan perkawinan yang sehat. Dalam rentang perjalanan perkawinan pasti ada dan akan ada parasit-parasit perkawinan. Parasit yang akan mengambil alih kehidupan perkawinan Anda lalu menghancurkannya, bila perkawinan Anda tidak sehat! Parasit itu tak lain adalah godaan.

Godaan persis seperti parasit dan jamur tanaman. Ia ada di sekitar Anda, di setiap kesempatan dan setiap tempat, setia menanti untuk memasuki celah perkawinan Anda dan lalu menghancurkan tali cinta Anda. Saat kualitas hubungan Anda lemah atau mulai hambar, godaan ada di setiap tikungan, siap mengambil alih.

Sebaliknya apabila kita mampu menjaga kehidupan perkawinan Anda, ketika hubungan Anda berdua sehat dan kuat, ketika cinta dan keintiman terjaga baik, godaan bahkan seolah-olah tidak ada… atau bahkan tidak dianggap sebagai sebuah godaan karena cinta antara kalian berdua lebih besar dan lebih kuat dari godaan tersebut. Indah bukan?

Suatu saat kerabat saya berbagi pengalaman dengan saya bahwa dia tidak pernah merasa digoda atau tergoda kepada wanita lain. Dia mengatakan bahwa dia tidak pernah tergoda karena dia
tidak mungkin menyakiti istrinya dan ia tidak memiliki keinginan untuk seseorang selain wanita yang menikah dengannya, yang dicintai dan dipujanya. Sementara yang lain mungkin telah melihat godaan di sekelilingnya, namun karena kasih orang ini dan komitmen untuk istrinya dia tidak tertarik dengan orang lain.

Godaan adalah parasit perkawinan. Ketika perkawinanmu lemah ia bekerja lebih kuat untuk mengambil alih kebahagianmu dan menggantikannya dengan keterpurukan. Ketika kualitas rumah tangga menjadi rendah ia menjadi rentan terhadap godaan dan pengaruh luar.

Bagaimanapun, jika Anda ingin menjaga keutuhan hubungan Anda agar terbebas dari parasit dan jamur-jamurnya yang berbahaya maka buatlah dan jagalah agar kehidupan perkawinan Anda kuat dan sehat. Bekerjalah seperti seorang gardener menyirami tanaman-tanamannya. Berikan ruang yang cukup buat matahari menyinarinya dan kasih nutrisi yang cukup.

Putuskan untuk selalu peduli pada usaha memperkuat kualitas kehidupan perkawinan Anda. Buatlah ia hidup. Peliharalah pohon ini sehingga menjadi cukup kuat, besar, berbuah dan rindang, sebab dalam jangka panjang pohon inilah yang menaungimu dengan teduhnya dan mengenyangkannya dengan buah-buahnya yang manis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s